Berita Terkini :
SALAM REDAKSI ,  WELCOME  |   sign in   |   Gueet Book   |   Kontak Kami

Sunday, March 1, 2015

Spirit Baru & Masa Depan Makassar


Mohammad Ramdhan Pomanto atau yang lebih populer dengan Danny pomanto. Ya inilah Sosok figur Danny Pomanto dalam perjalanannya memimpin kota Makassar menyimpang segudang maha karya ibarat lokomotif yang terus bergerak serta memberikan nuansa spirit baru untuk masa depan makassar. Ia di kenal typical sosok pemimpin yang sederhana, cerdas dan religius.

Dalam peluncuran bedah bukunya yang bertajuk "Masa DPpan Makassar" di kediaamanya jalan Amirullah 

Danny pomanto mengatakan buku ini merupakan sejarah perjalanan yang dibukukan dengan sejumlah tulisan kritis. Tanpa tulisan maka sejarah itu tidak akan pernah ada.

"saya ingin membangun Makassar, saya ingin belajar, dan membangun perencanaan lebih matang pendekatan budaya sudah saya bangun, meskipun kritikan terus mengalir, ujar danny pomanto yang beranjak usia 51 tahun.

Prestasi Danny pomanto memang cukup membanggakan dirinya ikut terlibat dalam pembangunan berbagai mega proyek di Makassar bersama Wali kota saat itu dijabat oleh ilham arief sirajuddin.

Belum cukup setahun memimpin kota Makassar berbagai program Maha karya yang diciptakannya mendapat reward dan respon positif dari berbagai kalangan birokrasi, politisi, praktisi, akademisi, OKP dan tokoh masyarakat.

Namanya pun kian mencuat apalagi pria yang lebih dikenal sebagai seorang arsitektur sangat piawai dan mengerti betul cara mendesain kota makassar menuju kota dunia dengan kearifan budaya lokalnya tanpa mengurangi sedikitpun karakteristik kultur yang ada.
    
Pria kalahiran Makassar - 30 januari 1964, "Menjadikan Makassar menjadi dua kali tambah baik sudah menjadi tekad dari danny pomanto dan Wakilnya. Salah satu yang akan diwujudkannya adalah menciptakan Makassar menjadi smart city".

Setelah dirinya dilantik menjadi Walikota, sejam kemudian dirinya bersama Chief Executif Microsoft kemudian menandatangani nota kesepahaman (MoU) dalam membangun dan mengintegrasikan Makassar dengan daerah lainnya dalam bentuk "Smart City".

 Bahkan belum empat bulan memimpin, dia dengan tegas menyatakan jika penerapan konsep Smart City di kota ini telah menunjukkan kemajuan yang begitu pesat dan disebut selangkah lebih maju dari Kota lain yang juga menerapkan konsep yang sama.

Ia juga memperlihatkan Makassar Smart Card yang bisa dipakai untuk kepentingan pengurusan pemerintahan dan alat pembayaran berbagai keperluan.

"Makassar ini sudah menerapkan Smart City, sistem memantau kemacetan, sistem pembayaran parkir, kantin sekolah, itu sudah on the track semua. Kita sudah punya semua itu," tambah Danny.

Walikota Makassar dan Wakil Walikota Makassar, Mohammad Ramdhan Pomanto dan Syamsul Rizal MI, berjanji akan mewujudkan program 8 Jalan Masa Depan sesuai visi-misi yang disampaikan saat kampanye dulu. Untuk mewujudkan hal tersebut, yang dilakukan pertama kali adalah membangun image kota, dengan membuat slogan-slogan yang bisa membuat orang tertarik berkunjung ke Makassar. Adapun Slogan yang diusung diantaranya I Love Makassar Sombere’ dan Smart City.

I Love Makassar Sombere dimaksudkan guna mewujudkan kota yang ramah dan aman, menurut Danny, dapat dilakukan dengan dua hal, yaitu pendekatan hukum dan sosial.

Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto mengklaim jika program "Smart City" yang diterapkannya di kota ini lebih maju dari kota-kota lainnya seperti Bandung.

 "Gagasan Smart City ini sudah saya paparkan beberapa waktu lalu saat World City Summit di hadapan para wali kota dunia dan saat itu saya masih menjadi konsultan tata ruang wali kota sebelumnya," jelasnya saat didatangi sejumlah mahasiswa asal Universitasi Osaka, Jepang di Makassar, Jumat.

 Ia mengatakan, penerapan "Smart City" telah menjadi kebutuhan mendesak bagi pemerintah kota-kota terkemuka di Indonesia terutama dalam memaksimalkan pelayanan dan mempermudah segala urusan masyarakat.


BIODATA :

Nama Lengkap               : Ir. H. Mohammad Ramdhan Pomanto  
Nama Panggilan              : Danny Pomanto
Tempat / Tanggal Lahir    : Makassar, 30 Januari 1964
Nama Ayah                    : Alm. Buluku Pomanto (Ajunu)
Nama Ibu                       : Almh. Aisyah Abd. Razak (Sumi)
Isteri                               : Indira Jusuf Ismail
Anak                              : Aura Aulia Imandara
                                        Amirra Aulia Noor Imani
                                       Arrayya Aulia Izzanaira
Saudara                         : Tria Ratna Huswiny (Inggris)
                                       Adolf Hidayat (Jakarta)
                                       Norawatny (Bandung)
Pekerjaan                      : - Dosen Arsitektur UNHAS-Makassar
                                       - Arsitek Profesional
Hobby                           : Olah Raga, Travelling









No comments :

Post a Comment

Arsip Berita

 

Copyright Forum Wartawan Indonesia / Email: forwisulsel@yahoo.com